Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Sample Text

Sample text

Social Icons

Sunday 1 July 2012

Tips Memilih Tablet PC

Tablet komputer/ Tablet PC, fungsinya hampir sama dengan notebook/ netbook yang selama ini kita pakai. Bedanya yang sangat jelas yaitu dihilangkannya keyboard dan diganti dengan keyboard virtual. Bagi sebagian orang penggunaan keyboard virtual ini cukup menghambat karena pengetikan tidak secepat menggunakan real keyboard. Tapi ada yang berbeda dengan tablet PC ini, dikarenakan memang beberapa aplikasi seperti browsing atau mendengarkan lagu, tidak tergantung kepada keyboard.
Tablet juga memiliki processor dengan kecepatannya. Jika anda ingin bermain game misalnya, disarankan untuk membeli tablet dengan processor yang cepat,dan memory yang besar. Tapi jika anda hanya ingin sekedar browsing di Internet, maka cukup processor kecil dan memory yang sedang.
Saat ini sedang marak tablet yang diproduksi di tanah air. Harganya cukup murah, malah ada yang dibawah 1 juta. Namun ada juga merk branded yang dijual dengan harga sekitar 7 juta rupiah. Ternyata selain processor dan memory banyak juga komponen lain yang membedakan dari harganya.
Uniknya tablet PC ini menggunakan operating system Android. Android adalah pengembangan dari Linux yang cukup terkenal dengan system operasi Ubuntunya. 
Penggunaan Android disini akan menghemat penggunaan RAM dan media Penyimpanan. Di Tablet dengan Ram 1 GB dan Penyimpanan/ memory 8 GB, sangat cukup untuk menjalankan aplikasi dan menyimpan file-file anda.
Hal-hal yang harus diperhatikan untuk membeli tablet PC adalah :
  1. Tujuan Penggunaan. Tentukan dahulu tujuannya. Ada sebagian orang yang butuh tablet ini untuk membunuh waktu, biasanya ibu-ibu yang menjaga anaknya ketika bersekolah, untuk tujuan ini tablet murah meriah bisa menjadi alternatif yang menyenangkan. Gamer : seperti halnya di PC, anda butuh segalanya untuk membuat tablet anda berlari kencang, resikonya harga akan sangat tinggi. Tenaga pengajar dan sales bisa memakai tablet ini untuk mempresentasikan bahan ajarnya, daripada membawa-bawa notebook, sangat simple bukan?
  1. Kecepatan Processor. Kecepatan processor dimulai dari 400, 600, 800 MHz. I GHz, 1,2 dst. Processor dual core dan quad core juga mulai merambah di pasaran. Jika anda ingin mencoba main game, belilah processor dari 1 Ghz keatas. Game Angry Bird yang terkenal itu akan sedikit lemot ketika dipakai di processor 800 MHz. Tapi processor 400 MHz yg digunakan oleh IMO Z3 sangat cukup untuk melakukan browsing
  2. Memory. Ada 3 jenis memory dalam Tablet PC : RAM, ROM dan external memory. RAM adalah memory yang digunakan ketika menjalankan program. Disarankan untuk membeli RAM yang besar agar anda dapat membuka beberapa aplikasi secara bersamaan.ROM adalah internal memory. Anda dapat menyimpan file-file anda disini, jika penuh anda dapat menggunakan external memory.External memory yang dipakai adalah Micro SD Ram yang biasa dipakai di Handphone. Biasanya tablet PC support sampai dengan 32 GB. Tapi jika anda membeli 4-8 GB itu sudah sangat cukup.
  1. Operating System.Saat ini ada beberapa operating system :Android 2.2 Froyo,Android 2.3 Gingerbread, Android 3.2 Honeycomb dan Android 4.0.3 Ice Cream SandwichTentu saja makin tinggi versinya OS ini akan banyak mendukung aplikasi/ device. Tapi penulis rasa untuk android 2.2 Froyo sudah lumayan untuk menjalankan browsing dan game sederhana. OS ini juga dapat di upgrade, tergantung dari dukungan sales after servicenya, yang menyediakan untuk versi upgrade. Upgrade software nya juga cukup mudah, anda dapat booting melalui flashdisk anda.
  2. Battre. Carilah battre dengan mAh/ penyimpanan yang tinggi. Coba lihat dulu HP yang anda pegang, misalnya Blackberry standard mempunyai besar 1380 mAh. Ketika dipakai untuk browsing tidak akan lebih dari 1 hari kan?Nah apalagi kalau dipakai oleh tablet yang lebar layarnya lebih besar dari HP anda. Besarnya battre dan aplikasi yang ada pakai di tablet akan mempengaruhi daya tahan battre. Penggunaan battre selama 6 jam di tablet itu sudah cukup bagus. Anda dapat membeli accessories pengisi battre di mobil jika anda sedang berpergian, atau jika anda ada di kantor, jangan lupa untuk membawa chargernya.
  1. Modem dan Layanan Jaringan. Hati-hati untuk anda yang senang berinternet, perhatian masalah modem ini. Tablet murah biasanya tidak include internal modem, tapi dia menyediakan port USB untuk modem external. Modemnya pun tidak sembarangan, hanya modem-modem yang direkomendasikan yang bisa dipakai (itu juga gak jadi jaminan). Jadi ketika anda membeli tablet jenis ini, bawa modem external anda untuk dicoba, atau anda dapat membeli modem sambil membawa tablet anda. Untuk tablet yang menggunakan internal modem, perhatikan jaringan yang akan dipakai. Biasanya memakai jaringan GSM. Tapi anda juga dapat memakai jaringan CDMA 1900, yang dipakai oleh AHA dan Smart Fren.
  2. Layar dan layar sentuh. Kualitas layar juga menjadi hal yang berbeda dari sisi harga. Untuk layar sentuhnya ada dua jenis yaitu Resistif dan Capasitif. Kita lihat keuntungan dan kerugiannya :
Resistif
Keuntungan : Harganya murah, sehingga bisa dipakai di Tablet murah. Sangat bagus jika memakai pena Stylus, karena jika digunakan untuk aplikasi gambar, pixel demi pixel akan tergambar sempurna. Penggunakan Handwriting recognition akan sangat mudah.
Kerugian : Jika dipakai memakai jari, kurang sensitif. Anda akan kesulitan masuk dan menjalankan aplikasi jika menggunakan layar resistif (Disarankan untuk memakai layar Capasitif!)
Capasitif
Keuntungan : Sangat mudah bagi anda untuk masuk ke menu. Di banyak game ketukan pada layar ini sangat berpengaruh. Jika dulu layar hanya dapat merasakan 1 ujung jari. Maka saat ini bisa lebih dari 5 jari dapat kita masukkan sekaligus di layar, misalnya program Piano atau gitar yang memerlukan beberapa pijatan sekaligus. Layar Capasitif juga sudah dilengkapi dengan layar kaca, sehingga lebih aman ketika dibawa. Berbeda dengan layar resistif yang ketika ditekan akan terasa lunak.
Kerugian : Selain harga yang mahal, sehingga membuat tablet PC kita mahal. Layar ini juga tidak cocok untuk menginput tulisan tangan atau tanda tangan, juga aplikasi menggambar yang membutuhkan ketelitian tinggi di layar.
  1. Suara. Seperti halnya Notebook, suara di tablet ya standard. Tetapi anda dapat mencoba suara pada jack eartphone nya. Akan terlihat kualiatas suara tablet PC itu disini.
  1. Camera. Biasanya terdapat 2 buah camera. Camera depan digunakan untuk video phone atau chatting dengan camera. Camera depan ini tidak perlu resolusi tinggi. (kecuali kaum allay yang sering foto diri sendiri :D )Camera belakang usahakan memiliki Pixel yang tinggi. Camera dengan autofocus juga membantu anda untuk memotret benda-benda dari jarak dekat. Saya sering menggunakannya untuk memotret document ketika tidak ada mesin fotocopy, sehingga dokument tersebut tetap bisa saya baca di rumah.
  1. GPS. Untuk anda yang gemar berpergian, fasilitas ini mutlak diperlukan. Panduan jalan di perjalanan dapat memakai fungsi ini. Perhatian bahwa terdapat chipset GPS didalam tablet anda. Anda dapat menemukan kata A-GPS untuk chipset yang ditanam di alat anda. Penggunaan chipset ini akan sangat menentukan keakuratan posisi anda nanti.
  1. Radio/ TV. Beberapa tablet sudah dilengkapi dengan radio atau TV. Pilih lah jika anda memerlukannya.
  1. Layanan SMS dan Telepon. Lho kalo ada SIM Card nya pasti bisa SMS dan telpon kan? Belum tentu juga :D . Masalahnya si tablet ini dibuat bukan sebagai telepon. Jika anda ingin menggunakan fitur ini, tanyakan dahulu ke penjualnya apakah ada fitur ini. Banyak tablet yang berharga mahal, tapi tidak bisa nelpon dan sms
  1. Berat Tablet. Dikarenakan si Tablet akan berada didalam gengaman anda terus, maka berat dan ketebalan tablet ini juga menjadi pertimbangan. Disarankan untuk tidak membeli tablet jika beratnya diatas 500 gram. Coba dahulu ketika membelinya, sekitar 10-15 menit di gengaman anda. Jika dirasakan cukup nyaman, anda bisa membelinya.
14. Fitur Lain.  Tablet rata-rata memiliki port mini USB. Port ini dapat disambungkan dengan flashdisk(melalui sebuah konventer). Beberapa tablet mempunyai port mini/ micro HDMI. Port ini akan menghasilkan output ke layar TV LCD, ataupun ke VGA, sehingga dapat dipakai untuk presentasi.

0 comments:

Post a Comment